Friday, April 27, 2012

Amplifier SE Mr Rudy :-)

Barusan aku menta Pak Rudy supaya kirim photo SE(P) yang beliau buat. Dibawah ini uraiannya serta photo-nya.:

--quote--

 Andi,

Untuk membuat CD Audio, gue biasanya memakai merk BenQ. Murah meriah en cukup bagus. Designnya seperti piringan hitam jaman dulu. Biasanya gue beli 1 Box dengan harga Rp 80 ribu isi 50 buah di Mangga Dua Duzit. So far menurut gue sih OK.

Oh ya, nih gue kirimin foto Amplifier EL34 Single Ended Class A yang gue buat tahun lalu atau 2 tahun lalu. Suaranya bening dan jernih. Ampli ini cuma POWER AMP EL34 sebatang dengan DRIVER ECC83 yang gue parallel. Jadi cuma 2 tingkat.

Gue bandingkan dengan AMPLI SYNTHESIS NIMIS Made In Italy Branded yang gue beli dari Jeddah. Ampli ini memakai 6922 1 biji ( untuk kanal KIRI dan KANAN ) dan 4 buah EL84 yang dipasang PUSH PULL ( 2 batang untuk Kanal KIRI dan 2 lagi untuk Kanal KANAN ). Total ada 5 tabung. Suara kedua Amplifier ini nyaris sama, cuma si NIMIS ini menang BASS sedikit tetapi kalah POwer dibandingkan EL34 gue


Gue ngga punya rangkaian si NIMIS. Sama-sama TANPA BASS & TREBLE CONTROL. Mungkin ada FEEDBACKnya juga, cuma belon gue buka-buka.

Nah, sekarang gue lagi kilik-kilik EL34 SE gua agar BASSnya sedikit naik. Gue coba beberapa OPT. Awalnya gue pakai Trafo Daya dengan Secunder 3A merk OKI. Gue ukur ngga sampe 3 Henry induktansi Primernya. Lalu gue tukar dengan Trafo 2A dan BASS nya naik sedikit. Gue ukur Trafo 2 A ini mempunyai induktansi sekitar 4 Henry pada Primer. Gue juga gulung OPT seperti yang gue kirim fotonya. Primer 1919 gulung kawat 0,2 mm dan Secunder 99 gulung kawat 1 mm. Induktansi sekitar 5 Henry. Suaranya udah cukup bagus karena BASS nya udah lumayan. OPT ini lu bisa lihat disebelah kanan Ampli EL34 gue. Gue juga udah coba dengan Universal OPT gulungan Glodok. Gue gulung 3500 turn, 4000 turn, 4500 turn dan 5000 turn. Nah induktansinya gede banget. L Meter gue ngga bisa ngukur. Kalau gue estimasi, induktansinya sekitar 60 Henry pada tap 5000 turn. Saat uji dengar pada tap 5000 turn, BASSnya cukup keluar, tetapi TREBLEnya jadi mendem. Berturut-turut gue geser tapnya. Pada 4500 gulung, treble masih mendem. Pada 4000 turn, treblenya mulai ada dan pada 3500 turn, treblenya sudah cukup gede.

Kesimpulan gue :
Induktansi Primer untuk tube tidak boleh terlalu gede !. Mungkin dalam ange 10 Henry sampai 20 henry saja. Gue check catalog OPT TAMURA, induktansinya hanya pada kisaran 12 Henry - 20 Henry saja. Kalau Wattagenya kecil, lu bisa pake Trafo murah meriah yang secundernya 1 A. Induktansinya sekitar 5 Henry. Mungkin yang 0,5 A akan lebih besar lagi dan Bassnya akan lebih keluar. Lu coba deh.

Gitu pengalaman gue dengan EL34 SE Amp.


Gue masih mau kilik-kilik lagi dengan mempertahankan topologinya tetapi tetap tanpa BASS & TREBLE control. Gue juga mau buat EL34 Push Pull, tetapi gue mau tambahkan BASS & TREBLE Control biar lebih enak didengar.

OK Andi. Gitu dulu deh.

73,

Rudy.


--end quote--

OPT
Tampak atas



Jadi kepengen buru2 neh ogut bikin :-)

No comments:

Post a Comment